Tentang Aplikasi Ruang Desa

Pemerintah Indonesia di bawah pemerintahan Joko Widodo telah menetapkan strategi pembangunan mulai dari pinggiran, terutama melalui percepatan pembangunan desa di Indonesia, yang berjumlah total 74.754 desa. UU Desa (Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa) diterbitkan untuk menentukan strategi pembangunan desa dan meningkatkan kapasitas pemerintah desa dan kecamatan.

Untuk membantu pelaksanaan UU Desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes) memiliki mandat untuk mendukung sekitar 21.438 pendamping masyarakat dan pendamping teknik yang memberikan dukungan pendampingan dan pengembangan kapasitas kepada pemerintah desa dan kecamatan untuk pelaksanaan UU Desa. Namun, pendamping desa yang sudah dikontrak saat ini memiliki beban kerja terlalu besar dan kesulitan untuk mengakses informasi penting mengenai pelaksanaan UU Desa. Oleh karena itu, Kementerian Desa saat ini sedang mencari cara untuk meningkatkan konektivitas antara pendamping dan aparat desa dan kecamatan, serta untuk memantau perkembangan pelaksanaan UU Desa.

PT Ruang Raya Indonesia adalah organisasi pendidikan berbasis teknologi yang bertujuan untuk memberikan akses yang sama terhadap pendidikan dan meningkatkan kualitas dan kebijakan pendidikan di Indonesia. Kami dikenal sebagai penggagas Ruangguru.com, penyedia pendidikan bersarana teknologi terbesar di Indonesia yang membangun pasar bimbingan belajar privat, penyedia konten e-learning, dan Sistem Manajemen Pembelajaran (Learning Management System, LMS) terbesar. Saat ini kami mengelola lebih dari 45.000 guru/pembimbing/ pelatih dari berbagai bidang keahlian, dan sudah bermitra dengan 15 pemerintah provinsi dan 80 pemerintah kabupaten/ kota di seluruh Indonesia.

Sebagai upaya untuk meningkatkan konektivitas antara pendamping dan aparat desa dan kecamatan, lewat dukungan KOMPAK, Kemendes berkerjasama dengan Ruangguru mengembangkan Aplikasi Daring (Android) Ruang Desa. Aplikasi Ruang Desa diperuntukan bagi pendamping dan pengelola desa. Aplikasi Daring Ruang Desa memiliki fitur untuk memudahkan pendamping desa dalam melakukan konsultasi langsung dengan pengelola desa, mendapatkan notifikasi dan memperoleh informasi terkait dengan UU desa serta tata kelola desa.

Selain itu, Kemendes juga dapat mengolah data pertanyaan dari pendamping desa melalui papan kendali evaluasi langsung. Papan kendali aplikasi Ruang Desa dapat digunakan untuk memantau jenis persoalan yang ditanyakan, frekuensi permintaan dukungan per wilayah, dan kualitas dukungan yang diberikan oleh pendamping. Hal ini akan memudahkan pengambil keputusan Kemendes untuk merumuskan kebijakan terkait dengan implementasi UU Desa dan menentukan pelatihan yang diperlukan oleh pendamping serta perangkat desa.

Aplikasi Ruang Desa akan mulai digunakan pada bulan Maret 2017. Pendamping dan pengelola desa dapat mengunduh aplikasi ini dengan gratis. Kemendes dan Ruangguru akan mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi Ruang Desa pada tiga propinsi yakni Nangroe Aceh Darussalam, Nusa Tenggara Barat dan Jawa Timur.